Sabtu, 11 Juni 2022

LAPORAN AKSI NYATA MODUL 3.2

 

Laporan Aksi Nyata Modul 3.2

Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Kedua unsur ini saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis. Dalam ekosistem sekolah, faktor-faktor biotik akan saling memengaruhi dan membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya. Faktor-faktor biotik yang ada dalam ekosistem sekolah di antaranya adalah: Murid, Kepala Sekolah, Guru, Staf/Tenaga Kependidikan, Pengawas Sekolah, Orang Tua, Masyarakat sekitar sekolah. Selain faktor-faktor biotik yang sudah disebutkan, faktor-faktor abiotik yang juga berperan aktif dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran di antaranya adalah: Keuangan, sarana dan prasarana.

 

RANCANGAN TINDAKAN – INKUIRI APRESIATIF (BAGJA)

PRAKARSA PERUBAHAN

Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

        Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

        Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

Bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan?

-   Memberikan angket kepada murid

-   Menggali informasi dari pengalaman rekan sejawat

A-mbil pelajaran (Discover)

        Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

        Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

 

 

-   Bagaimana contoh pembelajaran yang menyenangkan bagi murid yang sudah dilakukan selama ini ?

-   Apa saja sarana prasarana yang mendukung pembelajaran yang menyenangkan bagi murid yang sudah dilakukan selama ini?

 

 

-   Melakukan observasi

-   Melakukan studi informasi melalui kajian Pustaka maupun studi digital

-   Melakukan pemetaan aset dan potensi yang ada di murid, sekolah maupun lingkungan.

G-ali mimpi (Dream)

        Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

        Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

 

 

-   Bagaimana kelas ideal yang mendukung pembelajaran yang menyenangkan?

 

 

-   Mencari referensi  kriteria pembelajaran yang menyenangkan

-   Mencari referensi  kelas yang ideal untuk pembelajaran yang menyenangkan

 

J-abarkan rencana (Design)

       Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

         Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

 

 

-   Bagaimana Langkah-langkah pembelajaran menyenangkan yang dilakukan?

-   Bagaimana indikator keberhasilan pelaksanaan program pembelajaran yang menyenangkan?

 

 

-   Menyusun Langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran

-   Menyusun indikator keberhasilan dalam bentuk angket sesuai kriteria

A-tur eksekusi (Deliver)

        Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

        Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

 

 

-  Siapa dan bagaimana peran pihak-pihak yang terlibat dalam program?

-  Bagaimana monitoring dan evaluasi serta refleksi dilakukan?

 

 

-   Memetakan aset sumber daya manusia dan melakukan pembagian tugas sesuai kebutuhan

-   Menyusun angket monev dan refleksi untuk murid, guru dan observer

 

 

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

Judul Modul                      : Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Nama Peserta            : Sri Hartati

Latar Belakang :

Hal yang mendasari saya untuk melakukan kegiatan ini adalah untuk. menciptakan pembelajaran yang menyenangkan 

 

Linimasa tindakan yang akan dilakukan:

-          Mei minggu ke-4 :  Melakukan pemetaan aset dan potensi yang ada di murid, sekolah maupun lingkungan.

-          Juni minggu ke-1 : Menggali informasi dari pengalaman rekan sejawat dan Memberikan angket kepada murid

-       Juni minggu ke-2 : Melakukan studi informasi melalui kajian Pustaka maupun studi digital

-          Juni minggu ke-2 : Menyusun indikator keberhasilan dalam bentuk angket sesuai kriteria

Tujuan :

Agar siswa semangat dalam mengikuti proses pembelajaran

 

Dukungan yang dibutuhkan:

-          Kepala Sekolah sebagai pemangku kebijakan di sekolah

-          Siswa dan guru sebagai pelaksana pembelajaran

-          Orang tua pendukung dan pengawasan di rumah

-          Sarana prasarana pendukung pelaksanaaan pembelajaran

 

Tolak Ukur :

-          Terwujudnya proses pembelajaran yang menyenangkan

-          Terbentuknya kolaborasi murid dan guru

 

 

 Dokumentasi Aksi Nyata Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

1.     Mei minggu ke-4 :  Melakukan pemetaan aset dan potensi yang ada di murid, sekolah maupun lingkungan.

 Pemetaan 7 aset SMA Negeri 2 Surakarta



SMA Negeri 2 Surakarta adalah salah satu dari 8 SMA di kota Surakarta. Sekolah ini terletak pada lokasi yang strategis yaitu di Jalan Monginsidi No : 40 Kelurahan Gilingan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

 

Pemetaan 7 aset yang dimiliki SMA Negeri 2 Surakarta

Modal Manusia

SMAN 2 Surakarta memiliki 1 orang Kepala Sekolah,   49 orang guru PNS, 9 orang GTT, 9 orang tenaga kependidikan.

SMAN 2 surakarta pada tahun ini memiliki siswa sebanyak 1083 orang. Siswa-siswa SMAN 2 Surakarta sarat akan prestasi baik akademik maupun non akademik. Sebagian besar guru-guru disekolah ini sudah bersertifikasi (48 orang) dan berpendidikan S2 (16 0rang) dan S1 (42 orang).  Hal ini sangat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran. Disamping itu terjalin komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, tenaga Pendidikan, murid, orangtua murid, komite, pengawas, alumni dan masyarakat sekitar.

 

Modal Sosial

Modal sosial yang dimiliki SMAN 2 Surakarta diantaranya adalah memiliki tata tertib sekolah bagi siswa dan guru, terdapat komunitas yaitu OSIS, MPK, Kegiatan Ekstrakurikuler, MGMP Sekolah, CGP SMADA dan komunitas praktisi. Komunitas praktisi ini dijadikan  tempat untuk saling berbagi antara guru dalam meningkatkan kompetensi dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan kompetensi guru.

 

Modal Fisik

SMAN 2 Surakarta memiliki bangunan fisik diantaranya 31 ruang kelas untuk kegiatan pembelajaran, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang TU, 1 ruang kantor, 1 ruang perpustakaan, 8 ruang laboratorium, 2 ruang UKS, 4 buah kantin, 1 buah lapangan, 1 ruang aula/gedung, 3 lantai tempat parkir, 2 buah taman, 3 buah Gudang, 34 buah toilet, 1 buah koperasi, 3 buah tempat ibadah. Selain itu SMAN 2 Surakarta memiliki infrastruktur pendukung pembelajaran yang lengkap yaitu alat peraga, media pembelajaran dan jaringan internet. Sekolah ini juga memilki wastafel didepan tiap kelas, saluaran pembuangan air dan akses jalan yang bagus.

 

                Modal Lingkungan/Alam

Modal lingkungan/alam yang dimiliki sekolah ini diantaranya adalah memiliki lingkungan yang sehat dengan adanya sirkulasi udara yang bersih dan bagus karena sekolah memiliki pohon-pohon besar sebagai perindang, memiliki taman sekolah yang asri, green house dan kolam ikan. Sekolah ini juga memiliki taman literasi yang dapat dimanfaatkan anak-anak untuk belajar dan beristirahat.

 

                Modal Finansial

Untuk modal finansial SMAN 2 Surakarta mengandalkan dari dana BOS yang diberikan oleh pemerintah pusat dan BOP yang diberikan oleh pemerintah Propinsi Jawa Tengah serta beasiswa PIP bagi siswa kurang mampu.

 

                Modal Politik

Untuk modal politik yang dimiliki sekolah yaitu bersinergi dengan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah, dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII dalam hal kebijakan Pendidikan di sekolah, Puskesmas Gilingan dalam bidang Kesehatan, bersinergi dengan Polres/Polsek Banjarsari dalam bidang hukum, bersinergi dengan Dukcapil dalam pelayanan e-KTP, bersinergi dengan PMI dalam rangka donor darah serta bersinergi juga dengan Telkom, PLN dan Universitas dalam bidang pendidikan lebih lanjut.

 

               

Modal Agama dan Budaya

Untuk modal agama dan budaya yang dimiliki oleh SMAN 2 Surakarta adalah sekolah memfasilitasi pelaksanaan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing dan perayaan Hari Besar Keagamaan. Sedangkan budaya yang ada di sekolah adalah adanya Pemilihan Putra-putri SMADA, PENSI (Pentas Seni), Pentas Teater, Classmeeting dan Budaya 5S.

Video pemetaan aset SMAN 2 Surakarta

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 .mp4

 

2.     Juni minggu ke-1 : Menggali informasi dari pengalaman rekan sejawat dan Memberikan angket kepada murid

Responden Siswa



Kolaborasi dengan rekan sejawat - MGMP Matematika Sekolah (Berbagi pengalaman)




Kolaborasi CGP SMAN 2 dengan Kepala Sekolah

 



 

Kolaborasi dengan rekan sejawat SMA Negeri 2 Surakarta

 



 

https://youtu.be/egWRNPnOwgg

 

Umpan balik kepada siswa tentang pembelajaran selama ini dengan menggunakan google form dengan link https://forms.gle/3yzmJnRzgpCNwRUR7%20



Rangkuman Kuesioner Refleksi Pembelajaran :







Link kuisioner siswa

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1cbDU4T4khA2gf6XnRwRDy-_YlZsCzRu8_mKBX0d1H7U/edit?usp=sharing

Link kuisioner orang tua murid

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1jD8DB7MjMg_dRkISVzXiHoCctBrgzrKcP7EHosDtXM8/edit?usp=sharing

Link kuisioner guru dan kepala sekolah

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1ZJqd1x3ozfZVVGoT094j6pPpVM9zKyrOSV8TSwUKTlc/edit?usp=sharing

 

Link kuisioner siswa

https://forms.gle/uA4M2sq7rAmjvXkHA

 

 

3.     Juni minggu ke-2 : Melakukan studi informasi melalui kajian Pustaka maupun studi digital

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-menyenangkan/


https://www.rijal09.com/2017/03/7-contoh-pembelajaran-yang-menyenangkan.html





https://www.detik.com/edu/edutainment/d-5849804/10-cara-mengajar-yang-menyenangkan-dan-tak-bikin-bosan

https://www.tendikpedia.com/pendidikan/cara-mengajar-anak-sma-yang-baik.html

https://www.youtube.com/watch?v=ff9QJ3GfT9I

https://www.youtube.com/watch?v=PP_TMcI11Dw

http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2020/02/membuat-kelas-menyenangkan/





https://www.scholae.co/web/read/1759/pengelolaan.kelas.untuk.pembelajaran.yang.efektif

https://www.ruangguru.com/blog/5-cara-ampuh-membuat-suasana-kelas-menyenangkan

 

Umpan balik kepada siswa tentang pembelajaran selama ini dengan menggunakan google form dengan link https://forms.gle/3yzmJnRzgpCNwRUR7%20



Rangkuman Kuesioner Refleksi Pembelajaran :




Link kuisioner siswa

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1cbDU4T4khA2gf6XnRwRDy-_YlZsCzRu8_mKBX0d1H7U/edit?usp=sharing

Link kuisioner orang tua murid

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1jD8DB7MjMg_dRkISVzXiHoCctBrgzrKcP7EHosDtXM8/edit?usp=sharing

Link kuisioner guru dan kepala sekolah

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1ZJqd1x3ozfZVVGoT094j6pPpVM9zKyrOSV8TSwUKTlc/edit?usp=sharing

 

Link kuisioner siswa

https://forms.gle/uA4M2sq7rAmjvXkHA

 

4.     Juni minggu ke-2 : Menyusun indikator keberhasilan dalam bentuk angket sesuai kriteria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKSI NYATA PMM TOPIK KURIKULUM MERDEKA

  Berikut  link Aksi Nyata PMM Topik Kurikulum Merdeka :   https://youtu.be/NevMoREapCQ Berikut link UMPAN BALIK Aksi Nyata PMM Topik Kuriku...